contoh proposal aneka keu

BAB 1
PENDAHULUAN
A.          LATAR BELAKANG
Usaha di bidang kuliner memang tidak pernah mati. Bagaimana bisa seperti itu ? iya usaha itu memang semakin tumbuh subur seiring bertambahnya jumlah penduduk dan gaya hidup yang ingin serba cepat tersaji. Sadar atau tidak sadar,dengan pertumbuhan pendudukyang semakin banyak maka semakin banyak pula kebutuhan pangan yang harus disediakan.Adapun makanan adalah kebutuhan utama bagi seluruh makhluk hidup. Sebab makanan adalah salah satu sumber energi,sehingga kita dapat terus beraktivitas.   
Setelah memperhatikan semakin meningkatnya jumlah pengangguran dan kurangnya pengetahuan di masyarakat untuk memanfaatkan peluang bisnis/usaha, disebabkan kurangnya pengetahuan akan pemanfaatan sumberdaya yang ada dan menyebabkan semakin meningkatnya krisis ekonomi di masyarakat, serta kurangnya pemikiran yang luas untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru, yang dapat membantu meningkatkan perekonomian bagi keluarga dan masyarakat.
Tercatat bahwa indonesia menempati urutan keempat dengan penduduk terbanyak setelah Cina,India,AS dengan jumlah penduduk 262,1 juta jiwa berdasarkan data dari badan pusat statistika padabulan februari 2017. Dimana yang bekerja hanya 124,54 juta jiwa,dan angka pengganguran mencapai 70 juta jiwa. Untuk mengurangi angka pengganguran salah satu alternatifnya yaitu membuka usaha atau berwirausaha. Hal ini senada dengan angka pelaku usaha yang tercatat yaitu 1,7 % dimana angka rata-rata pertumbuhan usaha tersebut masih dibawa negara-negara tetangga.  
Hal inilah yang kami jadikan salah satu lamdasan untuk berwirausaha .disamping peluang yang ada juga ditunjan oleh Jumlah penduduk kabupaten wajo yang cukup padat yaitu 386,106 jiwa. Maka tidak bisa dipungkiri bahwa banyaknya penduduk maka semakin besar pula peluang kita untuk melakukan usaha. Dikarenakan banyaknya target konsumen. Seperti hanya sekolah,pasar kantor perusahaan,kampus dan lain-lain.
Maka dari itu kami membuka usaha di bidan kuliner. Makanan yang paling banyak laris saat ini adalah makanan cepat saji. Makanan cepat saji itu dapa menguasai pasar. Terbukti dari hari- kehari makanan cepat saji mengalami peningkatan yang sangat signifikan.Orang-orang yang memiliki kesibukan tiap hari lebih cedrum mamili membeli makanan siap saji.Hal ini dilakukan secara terus menerus  baik untuk sarapan,cemilan, dan seterusnya mereka hanya mengandalkan makanan cepat saji.
Melihat peluang usaha  di bidang makanan sangatlah besar.Makanan cepat saji sangat banyak tersebar di pasaran.. Tapi salah satu makanan yang di sukai masyarakat di sul-sel adalah Dange,putu,tela-tela dan lain-lain.Dange ini adalah makanan tradisional kabupaten pangkep.Sedang putu merupakan makanan teradisiona khas Indonesia yang sudah dikenal dimana-mana terkhusus di kabupaten wajo putu sudah menjadi salah satu menu sarapan pagi baik di kota maupun di desa.Serta tela-tela sebagai camilan di zaman ini.Dange, putu,tela-tela dan beberapa jenis kue maupun makan  ini lah yang akan kami jadikan sebagai jalan menuju usaha dan akan kami kenalkan di masyarakat umum terkhusus kabupaten wajo. Sebagai makanan utama sarapan pagi.
Berkaitan dengan pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah sampai yang mahal. Untuk kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan tradisonal yang khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.maka dari itu kami membuat usaha yang bergerak di bidang kuliner, selain untuk memperkenalkan makanan tradisional yang mengandung gizi cukup tinggi , tanpa tambahan bahan pengawet .serta harga yang relatif terjangkau, usaha ini juga diharapkan dapat mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Wajo .

B.     TUJUAN USAHA
1.      Memperkenalkan makanan tradisional pada masyarakat.
2.      Meningkatkan pendapatan masyarakat.
3.      Mengurangi jumlah penganguran dimana semakin besar usaha tersebut maka semakin banyak karyawan yang dibutuhkan.
4.      Memperbaiki asupan gizi masyarakat yang biasanya mengonsumsi makanan instan dan megandung bahan pengawet berbahaya bagi tubuh.
















BAB II
PROFIL USAHA, PRODUKSI DAN PEMASARAN

A.    PROFIL USAHA
1.      Nama Usaha                            : Berkah
2.      Jenis Usaha                             : Aneka kue
3.      Jenis Produk/Jasa                    : Dange Tengker,Putu Sahabat,Dan Kitela Ogi
4.      Lokasi Usaha                          :
Dalam mendirikan usaha, kami mencari tempat yang strategis, karena pada umumnya pembeli adalah masyarakat umum.maka sebaiknya di bangun warung di tempat yang ramai . Dengan cara ini tentu usaha yang didirikan akan menarik perhatian bagi para masyarakat tersebut dan kemudian mengunjungi usaha tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang banyak menggunakan internet untuk mempromosikan usahanya. Blog dan situs pertemanan sering digunakan untuk memperkenalkan Dange Tengker, Putu Sahabat, Dan Kitela Ogi kepada masyarakat umum. Selain itu mempromosikan melalui mulut ke mulut juga cukup efektif serta membagikan brosur ketempat tempat yang ramai.
Lokasi yang dipilih untuk menjadi tempat usaha tersebut adalah di pinggir jalan raya,dekat dengan daerah yang ramai penduduk,dan  dekat dengan pasar. Sehingga akan lebih mudah bagi pelanggan untuk mengunjungi usaha kita.
Namun untuk sementara kami hanya membuat makanan tersebut di depan rumah kami yang beralamat di jln.poros anabanua pare-pare ,Dusun Pollappo,Desa Tonralipue Kabupaten Wajo.
5.      Aspek Legal (Ijin Usaha) :      -     Surat Keterangan Usaha
-          Surat Izin Tempat Usaha (Situ)
-          Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
-          Surat Izin Usaha Perdangangan (SIUP)
-          Izin Gangguan (HO)
6.      Aspek Lingkungan                  :
Masih kurang strategis karena terbatasnya modal untuk sewa dan membuat warung untuk penjualan dan usaha masih jauh dari tempat ramai penduduk. Dengan tingkat perekonomian yang masih  sangat terbatas. Dengan melihat situasi dan kondisi lingkungan yang sangat memungkin kan untuk bersaing secara sehat masih jauh dari harapan.Menjalin hubungan bisnis yang sehat. Ini akan menimbulkan dampak yang sangat positif demi perkembangan usaha kedepannya.
7.       Struktur Organisasi                 :
STRUKTUR ORGANISASI PENGURUS KELOMPOK USAHA
“BERKAH”
Dusun Pollappo,Desa Tonralipue, Kabupaten Wajo HP. 085246554251
 


B.     PRODUKSI DAN PEMASARAN
1.      Produksi
Produk ini merupakan makanan tradisional yang diolah semenarik mungkin. Dange tengker, Putu Sahabat,Dan Kitela Ogi ini mengandung korbohidrat,kalori,protein,lemak,zat besi,vitamin A ada B yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Disamping itu Dange tengker, Putu Sahabat,Dan Kitela Ogi Memiliki keunggulannya yaitu tidak mengandung  bahan pengawet dan bahan kimia.”Dange Tengker,Putu Sahabat,Dan Kitela Ogi” ini memiliki berbagai varian rasa yang memukau selera.
-          Kualitas produk
Adapun kualitas produk atau mutuh produk yang kami hasilkan memiliki beberapa ke unggulan;
·         Memiliki berbagai varian rasa
·         Ukurannya yang cukup besar sehingga dapat memuaskan pelanggan
·         Kemasan yang menarik
·         Harga relatif terjangkau oleh masyarakat

2.      Pemasaran
            Kondisi pasar yang cukup stabil. Sehingga tidak ada yang namanya hari libur sepi pengunjung. Usaha buka setiap hari jam 6;30 sampai jam 18;30 malam sehingga masyarakat akan senantiasa akan datang. Peluang kesuksesan pun akan  semakin jelas kelihatan. Kondisi pasar yang selalu cukup ramai baik dari lingkungan setempat.      
-          Dekat dengan target market.
Target utama pemasaran dekat dengan konsumen. Sehingga dengan mudah kita mempromosikan produk yang kita miliki.
-          Mudah di akses
Tempat yang mudah di akses oleh masyarakat akan membuka usaha kita lebih maju. Sehingga memudahkan pelanggan untuk mengunjungi warung kita.
-          Melalui internet
Internet adalah salah satu tempat kita untuk memasaran produk kita. Sehingga para pelanggan bisa melihat produk baru yang kita miliki melalu internet. Baik melalui website,BBM,LINE,TWITER,FACEBOOK,WHATSAPP yang kita punya, atau pun situs jejaring sosial lainya.


-          Browsur iklan
Salah satu tempat yang paling cocok untuk mempromosikan produk yang kita punya. Baik melalui iklan koran.Itu sangat bagus untuk promosi produk yang kita miliki. Ada juga melalui pesta perta,kekantor-kantor,perusahaan-perusahaan,even-even di sekolahan atau pun di kampus,serta ditempat keramaian lainya.

BAB III
RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
A.    Proyeksi Produksi dan Penjualan
Nama Produk
Keterangan
Bulan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12

Jumlah yang  terjual
450
650
650
850
850
1050
1050
1350
1350
1350
1350
1350
Putu Sahabat
Harga rata-rata produk
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000

Nilai Penjualan perbulan
2.250.000
3.250.000
3.250.000
4.250.000
4.250.000
.5.250000
.5.250000
6.750.000
6.750.000
6.750.000
6.750.000
6.750.000

Jumlah yang  terjual
450
650
650
850
850
1050
1050
1350
1350
1350
1350
1350
Dange Tengker
Harga rata-rata produk
15.000
15.000
15.000
15.000
15.000
15.000
15.000
15.000
15.000
15.000
15.000
15.000

Nilai Penjualan perbulan
6.750.000
9.750.000
9.750.000
12.750.000
12.750.000
15.750.000
15.750.000
20.250.000
20.250.000
20.250.000
20.250.000
20.250.000

Jumlah yang  terjual
550
700
700
900
900
1100
1100
1400
1400
1400
1400
1400
Kitela Ogi
Harga rata-rata produk
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000

Nilai Penjualan perbulan
2.750.000
3.250.000
3.250.000
4.500.000
4.500.000
5.500.000
5.500.000
7.000.000
7.000.000
7.000.000
7.000.000
7.000.000
Jumlah
Jumlah Penjualan
1450
2000
2000
2600
2600
3200
3200
4100
4100
4100
4100
4100
Nilai Penjualan
11.750.000
16.250.000
16.250.000
21.500.000
21.500.000
26.500.000
26.500.000
34.000.000
34.000.000
34.000.000
34.000.000
34.000.000
















B.     Kebutuhan Modal


INVESTASI
Ruang Usaha Dan Peralatan
Rp.13.725.000
Total Investasi
Rp.13.725.000
MODAL KERJA
Pasokan Bahan Baku
Rp.   3.450.000
Promosi
Rp.      500.000
Upah
Rp.   1.500.000
Sewa
Rp.      250.000   
Traspotasi
Rp.      600.000            
Tempat Kemasan
Rp.   1.70.000  
Listrik Dan Air
Rp.      200.000
Biaya Lainnya
Rp.      200.000
Total Modal Kerja
Rp. 8.400.000
TOTAL MODAL AWAL
Rp. 22.125.000




















Dari proyeksi produksi dan penjualan diatas membutuhkan dukungan modal sebesar
Rp. 22.125.000. dengan rincian penggunaan sebagai berikut :


1.      Investasi (Peralatan)

Nama Bahan
Kebutuhan (Unit/Meter)
Harga Satuan
Jumlah
 Printer
1
Rp. 3.000.000
Rp.  3.000.000
Mesin Press
1
Rp.   750.000
Rp.   750.000
Cetakan Dange Tengker
6
Rp.     25.000
Rp.     150.000
 Stan Cetakan
2
Rp.    200.000
Rp.     400.000
 Termos
2
Rp.    150.000
Rp.     300.000
 Mesin Pemotong Singkong
2
Rp.    500.000
Rp.  1.000.000
Wajang
1
Rp.    100.000
Rp.     100.000
Kompor Gas
1
Rp.    300.000
Rp.     300.000
Dandangan
1
Rp.    100.000
Rp.     100.000
Cetakan Putu Sahabat
15
Rp.        5.000
Rp.      75.000
Baskom
5
Rp.      20.000
Rp.    100.000
Gerobak
2
Rp. 2.000.000
Rp. 4.000.000
 Meja
4
Rp.   300.000
Rp.1.200.000
Kursi
20
Rp.     50.000
Rp.1.000.000
Lemari
1
Rp.1.000.000
Rp.1.000.000
Tenda  
1
Rp.   250.000
Rp.   250.000
 Meja
4
Rp.   300.000
Rp.1.200.000
Jumlah
Rp.13.725.000

2.      Modal Kerja

Nama Bahan
Kebutuhan
Satuan
Jumlah
BAHAN BAKU :



·         Pembuatan  Putu Sahabat
1 Bulan
908.000
908.000
·         Pembuatan Dange Tengker
1 Bulan
1.540.000
1.540.000
·         Pembuatan  Kitela Ogi
1 Bulan
1.002.000
1.002.000




UPAH TIAP BULAN :



Karyawan
3  Orang
500.000
1.500.000
KEMASAN :



kemasan

1.700.000
1.700.000
TRANSPORTASI :



Trasportasi

600.000
600.000
LISTRIK DAN AIR :



Listik

150.000
150.000
Air

50.000
50.000
SEWA TIAP BULAN :



Tempat

250.000
250.000
DLL:

200.000
200.000
Jumlah
Rp. 8.400.000

Total Biaya ( a + b ) = Rp. 8.400.000 + Rp.13.725.000= Rp. 22.125.000
Terhitung : Dua puluh Dua Juta Seratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah










BAB IV
ANALISA HASIL USAHA

A.    Analisa BEP Rp/Unit : 1 Tahun
1.      Bulan Pertama             : Rp. 11.750.000,-
2.      Bulan Kedua               : Rp. 16.250.000,-
3.      Bulan Ketiga               : Rp. 16.250.000,-
4.      Bulan Keempat           : Rp. 21.500.000,-
5.      Bulan Kelima              : Rp. 21.500.000,-
6.      Bulan Keenam            : Rp. 26.500.000,-
7.      Bulan Ketujuh             : Rp. 26.500.000,-
8.      Bulan Kedelapan        : Rp .34.000.000,-
9.      Bulan Kesembilan       : Rp .34.000.000,-
10.  Bulan Kesepuluh         : Rp .34.000.000,-
11.  Bulan Kesebelas          : Rp .34.000.000,-
12.  Bulan Keduabelas       : Rp .34.000.000,-
Total Pendapatan kotor / Penjualan dalam satu tahun Rp.310.025.000,-

B.     Proyeksi Laba Rugi / Tahun
No.
Keterangan
Total Proyeksi laba Rugi 1 Tahun (Rp)
1
Penjualan
310.025.000,-
2
Harga Pokok Produksi
100.800.000,-
3
Laba Kotor
229.300.000,-
4
Biaya-biaya
24.000.000,-
5
Laba Bersih
146.550.000,-












BAB V
 PENUTUP

A.    Kesimpulan
Proposal usaha ini sangat berguna bagi para pembaca. Semua data yang kita butuh kan untuk membuka suatu usaha terkhusus usaha aneka kue yang menjual berbagai jenis kue yaitu dange tengker ,putu sahabat, dan kitela ogi yang telah tercantum di dalam buku proposal saya ini. Semoga apa yang telah saya tulis dan rencanakan dapat menjadi inspirasi buat para pembaca.
B.     Saran
Demikian proposal usaha ini saya buat, kritik dan saran kami terima dengan harapan dapat melaksanakan semua rencana-rencana serta tujuan yang telah saya buat. Mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata atau pun tulisan. Semua kekurangan datangnya dari saya dan kelebihan datang nya hanya dari Tuhan Yang Maha Esa . saya ucapkan terima kasih

Tanasitolo, 31 Oktober 2017



                 



















EmoticonEmoticon