proposal bukber

A.    PENDAHULUAN
Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang, Tuhan semesta alam yang telah mengutus Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan agama yang hak, memberi petunjuk kepada segenap manusia kejalan kebaikan agar mendapat kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.
Sebagai umat Islam yang senantiasa selalu istiqamah terhadap risalah dan syriat yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW, sudah tidak asing lagi bagi kita bahwa tiap tahun berkewajiban untuk melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh dibulan suci nan agung syahru tarbiyah, bulan Ramadhan yang penuh berkah.
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa dimana semua umat muslim di muka bumi ini diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Ibadah puasa yang dimaksud yaitu suatu tindakan untuk menahan rasa lapar, dahaga dan hawa nafsu mulai dari tebit fajar hingga terbenamnya matahari. Tidak hanya melaksanakan ibadah puasa, Allah SWT juga memerintahkan semua umat muslim yang beriman untuk berlomba-lomba dalam melakukan segala macam amal kebaikan. Hal ini dilakukan karena pada bulan Ramadhan, Allah SWT menjanjikan rahmat, maghfiroh dan kebebasan dari api neraka pada umat Islam yang senantiasa melakukan kebaikan.
Untuk itu dalam mendapatkan rahmat dan ridho-Nya pada Bulan suci ini, umat islam dituntut untuk melakukan berbagai kebaikan mulai dari membaca Al-Qur’an, membaca tasbih, memperbanyak sholat sunnah, memperbanyak infaq dan shodaqah kepada orang-orang yang kurang mampu, juga memberi makan seorang muslim yang sedang berpuasa.
Oleh karena itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIA Puangrimaggalatung Sengkang Periode 2017/2018 merasa perlu untuk mengadakan kegiatan Buka Puasa Bersama. Hal ini dilakukan untuk mempererat rasa persaudaraan dan tali silaturahim dalam jurusan, membangun jiwa sosial yang tinggi serta untuk memperbanyak amal ibadah di bulan suci Ramadhan.

B.     LANDASAN PEMIKIRAN
1.      Program Kerja BEM STIA Puangrimaggalatung Periode 2017/2018
2.      Rapat Kepanitiaan Kegiatan Buka Puasa Bersama BEM STIA Puangrimaggalatung pada tanggal 14 Juni 2017
3.      QS. Al-Baqoroh Ayat 183
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”


C.    TUJUAN
1.      Menyemarakkan bulan Ramadhan dengan memperbanyak amal shaleh.
2.      Meningkatkan pemahaman agama serta  keimanan dan ketakwaan umat kepada Allah.
3.      Mempererat persaudaraan dan tali silaturahim antar mahasiswa dan seluruh pengurus BEM Periode 2016/2017 dengan Pengurus BEM Periode 2017/2018, Menumbuhkan jiwa sosial dan rasa kepedulian terhadap orang yang lebih  membutuhkan.









D.    NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah “Buka Puasa Bersama.

E.     TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini bertemakan “Mempererat  Silaturahmi Melalui  Indahnya Berbagi dalam Simphony Keberkahan di Bulan Ramadhan ’’.

F.     BENTUK KEGIATAN
1.      Ceramah
2.      Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim

G.    PESERTA KEGIATAN
1.      Mahasiswa STIA Puangrimaggalatung Sengkang
2.      Dosen dan Civitas STIA Puangrimaggalatung Sengkang
3.      Anak-anak Yatim

H.    PELAKSANAAN KEGIATAN
a)      Hari /tanggal   : Sabtu, 17 Juni 2017
Waktu             : 15.00 s/d 18.30 WIB
Tempat            : Kampus Puangrimaggalatung Sengkang

Kegiatan                      : 1. Ceramah
                                2. Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim
I.       PENYELENGGARA
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) STIA PUANGRIMAGGALATUNG SENGKANG PERIODE 2017/2018

J.      SUMBER DANA

1.      Iuran Mahasiswa STIA Puagrimaggalatung Sengkang


EmoticonEmoticon